PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOLASE TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SBDP PADA SISWA KELAS IV SDN 15 PESENG KABUPATEN PANGKEP

PUTRI AYU AISAH (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOLASE TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SBDP PADA SISWA KELAS IV SDN 15 PESENG KABUPATEN PANGKEP.

[img] Text
Artikel_ Putri Ayu Aisah (1).pdf

Download (269kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen kualitatifyang bertujuan; 1) untuk mengetahui gambaran penggunaan media kolase pada siswa kelas IV SDN 15 Peseng Kabupaten Pangkep, 2) Untuk mengetahui gambaran kreativitas belajar SBdPdengan menggunakan media kolase pada siswa kelas IV SDN 15 Peseng Kabupaten Pangkep, dan 3) Untuk mengetahui pengaruh penggunanaan media kolase terhadap kreativitas belajar SBdP pada siswa kelas IV SDN 15 Peseng Kabupaten Pangkep.Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan media kolase dan variable terikat pada penelitian ini adalah kreativitas belajar SBdP siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 15 Peseng Kecamatan Mandalle Kabupaten Pangkep pada tahun ajaran 2023/2024. Sedangkan sampelnya adalah kelas IVA sebagai kelas eksperimen sebanyak 24 siswa dan IVB sebagai kelas kontrol sebanyak 23 siswa. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan angket sebelum dan setelah dilakukan treatment untuk mengukur kreativitas belajar SBdP siswa. Teknik analisis data yaitu analisis data statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil lembar observasi penggunaan media kolase termasuk pada kaetgori baik dan kreativitas belajar SBdP siswa meningkat setelah diberikan media kolase. Selanjutnya data Pre Non Test kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan dan data Post Non Test kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan ada perbedaan signifikan. Maka dapat disimpulkan bahwa 1) Gambaran penggunaan media kolase di kelas IV SDN 15 Peseng Kecamatan Mandalle Kabupaten Pangkep berjalan dengan baik terbukti dengan lembar keterlaksanaan pembelajaran disetiap pertemuan mengalami peningkatan dari kategori cukup menjadi baik.2) Gambaran kreativitas belajar SBdP siswa sebelum diberikan treatment berada pada kategori cukup, dan setelah diberikan treatment berupa penggunaan media kolase maka kreativitas belajar SBdP siswa meningkat dengan rata-rata berada pada kategori baik, dan 3) Terdapat pengaruh penggunaan media kolase terhadap kreativitas belajar SBdP siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan yang signifikan pada kelas eksperimen yang menggunakan media kolase dan kelas kontrol yang tidak menggunakan media kolase. Kata Kunci: Media kolase, kreativitas belajar, siswa

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Sep 2023 01:32
Last Modified: 19 Sep 2023 01:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34114

Actions (login required)

View Item View Item