PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD INPRES BALANG-BALANG KAB. GOWA

ANA HAERUNNISA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD INPRES BALANG-BALANG KAB. GOWA.

[img] Text
Jurnal Ana Haerunnisa.pdf

Download (384kB)

Abstract

Penelitian ini di lakukan berdasarkan permasalahan rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Children Learning in Science (CLIS). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Inpres Balang-Balang Sebanyak 28 siswa dan satu guru. Fokus penelitian ini meliputi proses dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, peneliti bertindak sebagai pelaksana tindakan, dan guru sebagai observer. Teknik analisis data yaitu kualitatif dan kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan pencapaian ketuntasan hasil belajar siklus I berada pada kategori cukup sedangkan pencapaian ketuntasan pada siklus II berada pada kategori baik. Kesimpulan dalampenelitian ini bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dapat meningkatkan proses dan hasil belajar pada siswa kelas IV SD Inpres Balang-Balang Kabupaten Gowa. Kata Kunci: Children Learning In Science (CLIS), hasil belajar, IPA

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Sep 2023 07:13
Last Modified: 18 Sep 2023 07:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34113

Actions (login required)

View Item View Item