Pengaruh Metode Show and tell terhadap kepercayaan diri siswa pada MataPelajaran Bahasa Indonesia materi Bercerita dikelas V Upt Spf Sd Inpres Kera�Kera Kota Makassar

RIA ASRIANTI ALDA PARMA (2023) Pengaruh Metode Show and tell terhadap kepercayaan diri siswa pada MataPelajaran Bahasa Indonesia materi Bercerita dikelas V Upt Spf Sd Inpres Kera�Kera Kota Makassar.

[img] Text
Artikel ria asrianti.pdf

Download (303kB)

Abstract

Pengaruh Metode Show and Tell terhadap Kepercayaan diri Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Bercerita dikelas V Upt Spf Sd Inpres Kera-Kera Kota Makassar. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar ( dibimbing oleh Sayidiman dan Latri).Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana gambaran penggunaan metode show and tell dikelas V Upt Spf Sd Inpres Kera-Kera Kota Makassar;(2) Bagaimana gambaran tingkat keterampilan bercerita siswa kelas V sebelum dan setelah menggunakan metode show and tell di Upt Spf Sd Inpres Kera-Kera Kota Makassar; (3) Apakah terdapat penggunaan Metode Show and tell terhadap kepercayaan diri siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Bercerita dikelas V Upt Spf Sd Inores Kera-Kera Kota Makassar. Jenis Pendekatan dalam penelitian ini adalah Kuantitaif Eksperimen yaitu Pre- Exprerimental Design dengan bentuk Design One Group Pretest- Posttest. Variabel dalam Penelitian ini adalah metode Show and tell dan Kepercayaan diri. Adapun populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas Va dan Vb. Teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Statistik Deskriptif dan analisis Statistik Inferensial yang terdiri dari Uji Normalitas dan Uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode show and tell terhadap kepercayaan siswa berlangsung secara efektif. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode show and tell terhadap kepercayaan diri siswa pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Bercerita di kelas V Upt Spf Sd Inpres Kera-Kera Kota Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Sep 2023 06:56
Last Modified: 18 Sep 2023 06:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34110

Actions (login required)

View Item View Item