Perbandingan Hasil Belajar Matematika Berdasarkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Artikulasi Dan Model Pengajaran Langsung Pada Siswa Kelas VIII SMPNegeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa

LESTARI, NURAIDA (2016) Perbandingan Hasil Belajar Matematika Berdasarkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Artikulasi Dan Model Pengajaran Langsung Pada Siswa Kelas VIII SMPNegeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
BAB I.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (19kB)

Abstract

Abstarc Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar matematika berdasarkan model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi dan model pembelajaran langsung pada siswa kelas VIII SMPNegeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain“ Posttest-Only Control Group Design” .Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Bontonompo. Duakelas yang diambil sebagai sampel adalah kelas VIII-A sebagai kelaseksperimen 1 dankelasVIII-Bsebagaikelaseksperimen 2. Denganjumlahsiswa 27 oranguntukkelaseksperimen1 dan 28 orang kelaseksperimen 2. Kelaseksperimen1 diajardenganmenggunakan model pembelajarankooperatiftipeartikulasi.Sedangkanuntukkelaseksperimen 2diajardenganmenggunaan model pengajaranlangsung. Ada 4instrumen yang digunakandalampenelitianini, yaitu (1) lembarobservasiketerlaksanaan model pembelajaran, (2) teshasilbelajarsiswa, (3) angketaktivitassiswa, (4) angketresponsiswa. Perangkatpembelajaran yang digunakanolehpenulis (1) RencanaPelaksanaanPembelajarandan (2) lembarkerjasiswa, masing-masinguntukempatpertemuan. Hasilpenelitiansecaradeskriptifmenunjukkanbahwa model pembelajarankooperatiftipeartikulasidan model pengajaranlangsungterlaksanadenganbaik. Hasilpenelitian yang diperolehmenunjukkanbahwauntukkelaseksperimen1,skor rata-rata hasilbelajar (posttest)sebesar 83,04atautermasukdalamkategoritinggi.Hasilpenelitian yang diperolehuntukkelaseksperimen 2, skor rata-rata hasilbelajar (posttest) sebesar 79,82 atautermasukdalamkategoritinggi.SelanjutnyahasilanalisisstatistikainferensialdenganmenggunaanIndependent Sample T Testmenunjukkanbahwatidakterdapatperbedaanhasilbelajarmatematikaantarasiswa yang diajarmenggunakan model pembelajarankooperatiftipeartikulasidan model pengajaranlangsung di SMP Negeri 1 BontonompoKabupatenGowa. Dengan kata lain, rata-rata hasilbelajarmatematikamodel pembelajarankooperatiftipeartikulasitidaklebihbaikdaripadarata-rata hasilbelajarmatematikadenganmenggunakan model pengajaranlangsungmeskipunskordarikeduanyatidaksama. Kata Kunci: Perbandingan, Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran Kooperati Tipe artikulasi, Model pengajaran langsung

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Oct 2017 06:55
Last Modified: 27 Oct 2017 06:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3411

Actions (login required)

View Item View Item