LESTARI, NURAIDA (2016) Perbandingan Hasil Belajar Matematika Berdasarkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Artikulasi Dan Model Pengajaran Langsung Pada Siswa Kelas VIII SMPNegeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.
Text
BAB I.docx Download (24kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (19kB) |
Abstract
Abstarc Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar matematika berdasarkan model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi dan model pembelajaran langsung pada siswa kelas VIII SMPNegeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain“ Posttest-Only Control Group Design” .Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Bontonompo. Duakelas yang diambil sebagai sampel adalah kelas VIII-A sebagai kelaseksperimen 1 dankelasVIII-Bsebagaikelaseksperimen 2. Denganjumlahsiswa 27 oranguntukkelaseksperimen1 dan 28 orang kelaseksperimen 2. Kelaseksperimen1 diajardenganmenggunakan model pembelajarankooperatiftipeartikulasi.Sedangkanuntukkelaseksperimen 2diajardenganmenggunaan model pengajaranlangsung. Ada 4instrumen yang digunakandalampenelitianini, yaitu (1) lembarobservasiketerlaksanaan model pembelajaran, (2) teshasilbelajarsiswa, (3) angketaktivitassiswa, (4) angketresponsiswa. Perangkatpembelajaran yang digunakanolehpenulis (1) RencanaPelaksanaanPembelajarandan (2) lembarkerjasiswa, masing-masinguntukempatpertemuan. Hasilpenelitiansecaradeskriptifmenunjukkanbahwa model pembelajarankooperatiftipeartikulasidan model pengajaranlangsungterlaksanadenganbaik. Hasilpenelitian yang diperolehmenunjukkanbahwauntukkelaseksperimen1,skor rata-rata hasilbelajar (posttest)sebesar 83,04atautermasukdalamkategoritinggi.Hasilpenelitian yang diperolehuntukkelaseksperimen 2, skor rata-rata hasilbelajar (posttest) sebesar 79,82 atautermasukdalamkategoritinggi.SelanjutnyahasilanalisisstatistikainferensialdenganmenggunaanIndependent Sample T Testmenunjukkanbahwatidakterdapatperbedaanhasilbelajarmatematikaantarasiswa yang diajarmenggunakan model pembelajarankooperatiftipeartikulasidan model pengajaranlangsung di SMP Negeri 1 BontonompoKabupatenGowa. Dengan kata lain, rata-rata hasilbelajarmatematikamodel pembelajarankooperatiftipeartikulasitidaklebihbaikdaripadarata-rata hasilbelajarmatematikadenganmenggunakan model pengajaranlangsungmeskipunskordarikeduanyatidaksama. Kata Kunci: Perbandingan, Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran Kooperati Tipe artikulasi, Model pengajaran langsung
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > MATEMATIKA |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 27 Oct 2017 06:55 |
Last Modified: | 27 Oct 2017 06:55 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3411 |
Actions (login required)
View Item |