PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 154 AKKAJENG KECAMATAN SAJOANGING KABUPATEN WAJO

BESSE NURUL HIKMAH (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 154 AKKAJENG KECAMATAN SAJOANGING KABUPATEN WAJO.

[img] Text
Artikel Besse Nurul Hikmah_1947041033.pdf

Download (221kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah Matematika Kelas IV SD Negeri 154 Akkajeng Kecamatan Sajoanging Kabupaten Wajo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah Matematika siswa kelas IV SD Negeri 154 Akkajeng Kecamatan Sajoanging Kabupaten Wajo. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus, yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika dan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Subjek dalam penelitianini adalah guru dan siswa kelas kelas IV SD Negeri 154 Akkajeng Kecamatan Sajoanging Kabupaten Wajo, pada semester genap tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 20 orang siswa, yang terdiri dari 10 laki-laki dan 10 perempuan. Teknik pengumpulan data observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu 1) mereduksi data, 2) penyajian data, dan 3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dianalisis, menunjukkan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan setiap siklusnya. Hasil tes siklus I dengan Kualifikasi ’cukup” dan mengalami peningkatan di siklus II dengan kualifikasi ” baik”. Hasil analisis data disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah Matematikadi kelas IV SD Negeri 154 Akkajeng Kecamatan Sajoanging Kabupaten Wajo. Kata Kunci: Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah,Pembelajaran Matematika

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Sep 2023 06:27
Last Modified: 18 Sep 2023 06:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34103

Actions (login required)

View Item View Item