PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV UPTD SDN 57 BULU-BULU KABUPATEN MAROS

INDAH PUSPITASARI ASWAN (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV UPTD SDN 57 BULU-BULU KABUPATEN MAROS.

[img] Text
DOC-20230127-WA0006..pdf

Download (898kB)

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi oleh permasalahan kurangnya kemampuan menulis puisi pada siswa. Tujuan penelitian ini, (1) mengetahui gambaran penerapan model pembelajaran sinektik pada siswa kelas IV sekolah dasar, (2) mengetahui kemampuan mnenulis puisi siswa kelas IV sebelum dan sesudah penerapan model peembelajaran sinektik (3) mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran sinektik terhadap hasil belajar kemampuan menulis puisi kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimental design tipe nonequivalent control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV UPTD SDN 57 Bulu – Bulu yang terdiri dari 50 siswa. Penentuan menggunakan teknik penarikan sampel purposive sampling dengan kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji Independent sample t-test. Hasil penelitian kelas eksperimen 1) pelaksanaan proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran sinektik terlaksana pada pertemuan I baik, pertemuan II kategori cukup baik, dan pertemuan III kategori sangat baik , 2) Kemampuan menulis puisi setelah penerapan model pembelajaran sinektik menunjukkan adanya peningkatan maka hal ini dibuktikan dari nilai posttest yang lebih tinggi dibandingkan nilai pretest, 3) Model pembelajaran sinektik berpengaruh terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas IV UPTD SDN 57 Bulu-Bulu Kabupaten Maros. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran sinektik sangat berpengaruh digunakan dalam hasil tes kemampuan menulis puisi hingga menunjukkan peningkatan. Kata Kunci : sinektik, kemampuan menulis puisi

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Sep 2023 06:23
Last Modified: 18 Sep 2023 06:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34102

Actions (login required)

View Item View Item