Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Kerjasama Siswa pada Muatan Pelajaran IPAKelas V SD Negeri Barembeng II Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa

Nurul Mutmainnah (2023) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Kerjasama Siswa pada Muatan Pelajaran IPAKelas V SD Negeri Barembeng II Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa.

[img] Text
JURNAL-NURUL MUTMAINNAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar permasalahan yang ditemukan di SD Negeri Barembeng II yaitu rendahnya kerjasama siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) siswa pada muatan pelajaran IPA kelas V SD Negeri Barembeng II Kecamatan Bontonompo Kabupten Gowa, untuk mengetahui gambaran hasil kerjasama siswa pada muatan pelajaran IPA kelas V SD Negeri Barembeng setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) Kecamatan Bontonompo Kabupten Gowa, dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap kerjasama siswa pada muatan pelajaran IPA kelas V SD Negeri Barembeng II Kecamatan Bontonompo Kabupten Gowa. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen, pendekatan kuantitatif, dan menggunakan desain penelitian Quasi Experimen dengan tipe nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri Barembeng II dengan sampel 20 siswa kelas VA dan 17 siswa kelas VB yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan dokumentasi, lembar observasi dan angket obyektif yang diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan pembelajaran. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran ini pada pertemuan pertama berjalan efektif dan pada pertemuan II berjalan sangat efektif. Hasil analisis inferensial dengan menggunakan independent sample t-test menunjukkan terdapat perbedaan hasil post-non test antara kelas eksperimen dan kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa adanya peningkatan kerjasama siswa pada kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok control. Kata Kunci: Team Games Tournament (TGT), Kerjasama Siswa

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Sep 2023 05:46
Last Modified: 14 Sep 2023 05:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34099

Actions (login required)

View Item View Item