PENERAPAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS HURUF TEGAK BERSAMBUNG PADA SISWA KELAS II SD INPRES KASSI-KASSI 1 KOTA MAKASSAR

DEVI REZKI AMALIAH (2023) PENERAPAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS HURUF TEGAK BERSAMBUNG PADA SISWA KELAS II SD INPRES KASSI-KASSI 1 KOTA MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL_Devi_Rezki_Amaliah_Universitas Negeri Makassar (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas dengan tujuan untuk mengetahui penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Huruf Tegak Bersambung Pada Siswa Kelas II SD Inpres Kassi�Kassi 1 Kota Makassar. Fokus dari penelitian ini yaitu penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dan kemampuan menulis huruf tegak bersambung siswa. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas II SD Inpres Kassi�Kassi 1 Kota Makassar yang berjumlah 20 orang pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes keterampilan menulis huruf tegak bersambung, lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan hasil observasi aktivitas memgajar guru siklus I pertemuan I berada pada kategori cukup (C), dan pertemuan II berada kategori baik (B). Berdasarkan hasil observasi aktivitas belajar siswa siklus I pertemuan I berada kategori cukup (C), dan pertemuan II berada kategori cukup (C). Data analisis tes keterampilan menulis siswa pada tes siklus I dapat dilihat pada lampiran yang menunjukkan bahwa jumlah nilai keseluruhan siswa adalah 1.300 dan nilai rata-rata kelas pada siklus I berada pada kategori cukup (C). Berdasarkan hasil observasi aktivitas mengajar guru siklus II pertemuan I berada pada kategori baik (B), dan pertemuan II berada pada kategori baik (B). Berdasarkan hasil observasi aktivitas belajar siswa siklus II pertemuan I berada pada kategori baik (B), dan pertemuan II berada pada kategori baik (B). Data analisis tes keterampilan menulis siswa pada tes siklus II menunjukkan bahwa jumlah nilai keseluruhan siswa adalah 1.406 dan nilai rata-rata kelas pada siklus II berada pada kategori baik (B). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dapat meningkatkan Keterampilan Menulis Huruf Tegak Bersambung Siswa Kelas II SD Inpres Kassi-Kassi 1 Kota Makassar telah berhasil. Kata Kunci : metode SAS, kemampuan menulis huruf tegak bersambung

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Sep 2023 03:02
Last Modified: 14 Sep 2023 03:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34096

Actions (login required)

View Item View Item