Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Terhadap HasilBelajar IPS Peserta Didik Kelas V UPT SPF SD Negeri Parang Tambung II Kota Makassar

ANDI MUTMAINNA SALSABILA (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Terhadap HasilBelajar IPS Peserta Didik Kelas V UPT SPF SD Negeri Parang Tambung II Kota Makassar.

[img] Text
Artikel_Andi Mutmainna Salsabila_Universitas_Negeri_Makassar.pdf

Download (296kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui gambaran penggunaan model pembelajaran TGT pada proses pembelajaran muatan IPS di kelas eksperimen, untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada muatan IPS setelah pelaksanaan model TGT, dan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar peserta didik saat menggunakan model pembelajaran TGT. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimental design dengan bentuk pretest - posttest control group design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu, pemberian tes yang berupa pretest dan posttes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data hasil penelitian menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran TGT pada lembar observasi guru mengalami peningkatan dari pertemuan pertama dengan kategori baik dan pertemuan kedua dengan kategori sangat baik. Adapun penerapan model pembelajaran TGT pada lembar observasi peserta didik juga mengalami peningkatan dari pertemuan pertama dengan kategori baik dan pertemuan kedua dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil pretest pada kelas eksperimen menunjukkan kategori kurang baik dan hasil posttest menunjukkan kategori sangat baik. Sementara pada hasil pretest kelas kontrol menunjukkan kategori kurang baik dan hasil posttes menunjukkan kategori kurang baik. Kemudian berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh P= 0,000 lebih kecil dari α= 0,05. Hasil penelitian dengan menggunakan Uji normalitas dengan uji Shapiro-wilk Normality Test dengan data posttes berdistribusi normal. Uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-Test dengan data posttes kelas kontrol dan eksperimen terdapat pengaruh hasil belajar IPS. Hal ini dapat disimpulkan bahwa berdasarkan penelitian yang dilakukan pada kelas V UPT SPF SD Negeri Parang Tambung II kota Makassar menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan TGT pada kelas eksperimen tergolong meningkat, hasil belajar IPS peserta didik kelas eksperimen tergolong sangat tinggi dan, terdapat pengaruh yang signifkan pada pembelajaran menggunakan model pembelajaran TGT terhadap penggunan model TGT pada pembelajaran IPS peserta didik kelas V UPT SPF SD Negeri Parang Tambung II Kota Makassar. Kata Kunci: Model Pembelajaran SAVI, Matematika, Hasil Belajar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Sep 2023 02:15
Last Modified: 14 Sep 2023 02:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34093

Actions (login required)

View Item View Item