Pengaruh Model Guided Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV SD Kartika XX-1 Kota Makassar

Mirnawati Dewi (2023) Pengaruh Model Guided Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV SD Kartika XX-1 Kota Makassar.

[img] Text
ARTIKEL MIRNAWATI DEWI.pdf

Download (171kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah Matematika siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Guided Discovery Learning di sekolah dasar, mengetahui gambaran kemampuan pemecahan masalah Matematika siswa sekolah dasar, dan mengetahui pengaruh model Guided Discovery Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah Matematika siswa sekolah dasar. Pada penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Guided Discovery Learning sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan pemecahan masalah Matematika. Jumlah populasi yaitu 46 siswa yang terdiri atas dua kelas yang masing-masing berjumlah 23 siswa. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan teknik non probability sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Data dikumpulkan dengan pemberian pretest, treatment, dan posttest. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis, meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan analisis akhir menggunakan uji independent sample t test dengan sistem SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan model Guided Discovery Learning berlangsung dengan sangat efektif, hasil tes menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah Matematika siswa dalam pembelajaran, serta terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model Guided Discovery Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah Matematika siswa kelas IV SD Kartika XX-1 Kota Makassar. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Model Guided Discovery Learning.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Sep 2023 02:08
Last Modified: 14 Sep 2023 02:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34092

Actions (login required)

View Item View Item