PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI UNGGULAN BONTOMANAI KECAMATAN BONTOMARANNU KABUPATEN GOWA

ST. ALWIAH (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI UNGGULAN BONTOMANAI KECAMATAN BONTOMARANNU KABUPATEN GOWA.

[img] Text
Jurnal-Global-Teaching_St.-Alwiah_1847041003.pdf

Download (288kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan atas dasar permasalahan yang ditemukan di lingkup SD yakni rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Unggulan Bontomanai Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa pada mata pelajaran IPS. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri Unggulan Bontomanai. Fokus dari penelitian ini yaitu proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble yang ditinjau dari aktivitas mengajar guru maupun aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa. Pendekatan yang digunakan dalam adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan siklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Unggulan Bontomanai Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa dengan jumlah siswa 24 yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa yakni pada pencapaian siklus I aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa berada pada kategori cukup, dan pada siklus II aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa berada pada kategori baik. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS siklus I berada pada kategori sangat rendah sedangkan pada siklus II pencapaian ketuntasan berada pada kategori tinggi. Dari hasil dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri Unggulan Bontomanai.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Sep 2023 02:05
Last Modified: 14 Sep 2023 02:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34091

Actions (login required)

View Item View Item