Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Motivasi Belajar IPS Siswa Kelas Tinggi SD Negeri Kapasa Kota Makassar

NURUL MARISSA SABIR (2023) Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Motivasi Belajar IPS Siswa Kelas Tinggi SD Negeri Kapasa Kota Makassar.

[img] Text
ARTIKEL_Nurul_Marissa_Sabir_Universitas Negeri Makassar.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini untuk menelaah hubungan pola asuh orangtua dengan motivasi belajar IPS siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara pola asuh orangtua dengan motivasi belajar IPS siswa kelas tinggi SD Negeri kapasa Kota Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pola asuh orangtua, sedangkan variabel terikat adalah motivasi belajar IPS. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dan V SD Negeri Kapasa Kota Makassar dengan jumlah 62 orang, sedangkan sampel berjumlah 54 siswa yang diperoleh menggunakan rumus Slovin. Data hasil penelitian diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Analisis Korelasi Product Moment. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orangtua dengan motivasi belajar IPS siswa kelas tinggi SD Negeri Kapasa Kota Makassar karena diperoleh thitung sebesar 0,3111 dan ttabel sebesar 0,26332, yang berarti thitung > ttabel dengan kategori tingkat hubungan rendah dan arah hubungan positif. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan motivasi belajar IPS siswa kelas tinggi SD Negeri Kapasa Kota Makassar. Kata Kunci: Pola Asuh, Motivasi Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Sep 2023 02:00
Last Modified: 14 Sep 2023 02:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34090

Actions (login required)

View Item View Item