Efektivitas Pembelajaran matematika Melalui Penerapan Model Berbasis Masalah Pada Siswa kelas IX SMPN 2 Parepare.

MUSLIMIN, MUSLIMIN (2015) Efektivitas Pembelajaran matematika Melalui Penerapan Model Berbasis Masalah Pada Siswa kelas IX SMPN 2 Parepare. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL Muslimin.docx

Download (105kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan keefektifan antara model pembelajaran Berbasis masalah dan model pembelajaran Pengajaran Langsung pada materi Barisan dan Deret. Perbandingan keefektifan yang dimaksud dilihat dari (1) aktivitas siswa, (2) respons siswa, dan (3) hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksprimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 2 Parepare dan sampel terdiri dari dua kelas yakni kelas eksperimen I diajarkan menggunakan model pembelajaran Berbasis Masalah dan kelas eksperimen II diajarkan menggunakan model pembelajaran Pengajaran Langsung dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Data yang dikumpulkan terdiri atas hasil belajar siswa, data aktivitas siswa dalam pembelajaran, dan data respons siswa terhadap perangkat dan pembelajaran. Data aktivitas siswa dan respons siswa dianalisis menggunakan persentase sedangkan data hasil belajar siswa dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa Hasil belajar siswa yang diajar dengan Model pembelajaran Berbasis Masalah berada pada kategori tinggi dengan rata-rata 84,30 dari 100 dan standar deviasi 4,57. Serta terjadi peningkatan kemampuan siswa yang signifikan dari pre-test ke post-test, persentase ketuntasan siswa 100 %. Aktivitas siswa dalam pembelajaran berada pada kategori sangat baik serta respons siswa terhadap perangkat dan pembelajaran termasuk dalam kategori positif. Hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Pengajaran Langsung berada pada kategori Tinggi dengan rata-rata 81,39 dari 100 dan standar deviasi 4,54 Serta terjadi peningkatan kemampuan siswa yang signifikan dari pre-test ke post-test, persentase ketuntasan siswa 97 %.. Aktivitas siswa dalam pembelajaran berada pada kategori baik serta respons siswa terhadap perangkat pembelajaran termasuk dalam kategori positif. Hasil uji hipotesis dengan uji-t menunjukan bahwa pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Berbasis Masalah lebih efektif daripada model pembelajaran Pengajaran Langsung pada materi pokok Barisan dan Deret dikelas IX SMPN 2 Parepare.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Oct 2017 06:39
Last Modified: 27 Oct 2017 06:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3409

Actions (login required)

View Item View Item