FITRIANI (2023) Pengaruh Metode Time Token Terhadap Motivasi Belajar IPS Siswa Kelas V UPT SPF SD Inpres Rappokalling 01 Kecamatan Tallo Kota Makassar.
Text
Artikel_Fitriani_Universitas Negeri Makassar_22.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Metode Time Token Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V UPT SPF SD Inpres Rappokalling 01 Kecamatan Tallo Kota Makassar. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Variabel bebas pada penelitian ini adalah Metode Time Token sedangkan variabel terikat adalah motivasi belajar IPS. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V UPT SPF SD Inpres Rappokalling 01 Kecamatan Tallo Kota Makassar dengan jumlah siswa 61 orang. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan angket motivasi belajar IPS dengan pemberian Pre-test dan Post-test. Teknik analisis data yaitu dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan statistik inferensial dengan menggunakan uji paired samplet-test sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Pembelajaran menggunakan Metode Time Token siswa kelas V UPT SPF SD Inpres Rappokalling 01 tergolong sangat efektif, (2) Motivasi belajar IPS siswa kelas V UPT SPF SD Inpres Rappokalling 01 tergolong sangat tinggi, (3) Terdapat pengaruh yang signifikan pada pembelajaran menggunakan Metode Time Token terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas V UPT SPF SD Inpres Rappokalling 01 Kecamatan Tallo Kota Makassar. Kata Kunci: Metode Time Token, Motivasi Belajar, IPS
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 14 Sep 2023 01:39 |
Last Modified: | 14 Sep 2023 01:39 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34086 |
Actions (login required)
View Item |