AYU AMALIA RHAMDANI (2023) Pengaruh Media Sparkol Terhadap Keterampilan Menyimak Siswa Sekolah Dasar di Kota Makassar.
Text
Artikel Ayu Amalia Rhamdani.pdf Download (591kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan atas dasar permasalahan yang ditemukan di SD Kartika XX-1 Kota Makassar yaitu kurangnya keterampilan menyimak siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk: (1) mengetahui gambaran media sparkol pada siswa kelas IV SD Kartika XX-1 Kota Makassar, (2) mengetahui gambaran keterampilan menyimak siswa kelas IV SD Kartika XX-1 Kota Makassar, (3) mengetahui pengaruh media sparkol terhadap keterampilan menyimak siswa kelas IV SD Kartika XX-1 Kota Makassar. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Experimen dengan tipe nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SD Kartika XX-1 Kota Makassar. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu 23 siswa kelas IV A dan juga 23 siswa kelas IV B yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi keterlaksanaan proses pembelajaran, tes yang dilakukan sebanyak dua kali yaitu pretest dan posttest, dan dokumentasi berupa perangkat pembelajaran. Teknik analisis data hasil penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa keterampilan menyimak siswa kelompok eksperimen memiliki perbedaan dengan kelompok kontrol setelah diberikan media sparkol dibuktikan dengan rata-rata hasil keterampilan menyimak siswa setelah diberikan perlakuan di kelas IV SD Kartika XX-1 Kota Makassar. Kata Kunci: Media Sparkol, Keterampilan Menyimak
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 14 Sep 2023 01:35 |
Last Modified: | 14 Sep 2023 01:35 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34085 |
Actions (login required)
View Item |