Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Siomatic, Auditory, Visual, Intelectually (SAVI)Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV UPT SPF SD Negeri Parang Tambung II Kota Makassar

ALLYZA RUSADY (2023) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Siomatic, Auditory, Visual, Intelectually (SAVI)Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV UPT SPF SD Negeri Parang Tambung II Kota Makassar.

[img] Text
Artikel_Allyza Rusady_Universitas_Negeri_Makassar.pdf

Download (917kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan (1) untuk mengetahui gambaran model pembelajaran SAVI pada pembelajaran siswa kelas IV UPT SPF SD Negeri Parang Tambung II Kota Makassar. (2) untuk mengetahui hasil belajar pada pembelajaran matematika siswa kelas IV UPT SPF SD Negeri Parang Tambung II Kota Makassar. (3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap hasil matematika siswa kelas IV UPT SPF SD Negeri Parang Tambung II Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimental design dengan bentuk pretest - posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV UPT SPF SD Negeri Parang Tambung II berjumlah 64 siswa. Data hasil belajar diperoleh dengan memberikan tes berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data hasil penelitian menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Berdasarkan statistik inferensial dengan menggunakan uji paired samplet-test sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) gambaran pelaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran SAVI secara umum terlaksana dengan sangat baik, hal ini terlihat persentase setiap pertemuan. Pertemuan pertama dengan kategori sangat baik dan pertemuan kedua dengan kategori sangat baik. (2) hasil belajar matematika siswa kelas eskperimen mengalami peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran SAVI dalam proses pembelajaran. Hal ini terlihat dari hasil pretest berada pada kategori yang sangat kurang. Setelah dilakukan posttest meningkat menjadi kategori baik. (3) terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan model pembelajaran SAVI pada pembelajaran matematika siswa kelas IV UPT SPF SD Negeri Parang Tambung II Kota Makassar. Kata Kunci: Model Pembelajaran SAVI, Matematika, Hasil Belajar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Sep 2023 01:08
Last Modified: 14 Sep 2023 01:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34081

Actions (login required)

View Item View Item