PENERAPAN METODE ROLE PLAYING BERBASIS 3 DIMENSI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN PKN KELAS V DI SD IT AL�AKHYAR KOTA MAKASSAR

NAURAH DHITA SOLEHAT (2023) PENERAPAN METODE ROLE PLAYING BERBASIS 3 DIMENSI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN PKN KELAS V DI SD IT AL�AKHYAR KOTA MAKASSAR.

[img] Text
2.Jurnal Naurah Dhita Soleha.pdf

Download (646kB)

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan pendekatan kualitatif dengan tujuan untuk mengetahui Penerapan Metode Role Playing Berbasis 3Dimensi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreativ Siswa Pada Pembelajaran Pkn . Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD IT AL-AKHYAR semester genap tahun pelajaran 2021/2022 dengan 22 orang siswa yang terdiridari 12 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Pelaksanaan tindakan penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus diawali dengan kegiatan pra tindakan kemudian pada setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sedangkan untuk mengetahui tingkat persentase hasil Kreativitas belajar siswa, peneliti menggunakan lembar observasi pada setiapsiklusnya. Subjekdalampenelitianiniadalahsiswa kelasV SD IT AL-AKHYAR. Pada Hasil penelitian dari siklus I dan siklus II menunjukkan bahwa siklus I aktivitas mengajar guru dapat dikategorikan Baik (C) dengan persentase 72,2 %, aktivitas belajar siswa dalam kategori Cukup (C) dengan persentase 72,2%, dan penilaian kemampuan berfikir kreatif siswa dalam dalam kategori kurang kreatif yang dimana hanya mencapai 60%. Pada siklus II aktivitas mengajar guru dapat dikategorikan Baik (B) dengan persentase 94,4%, aktivitas belajar siswa dalam kategori Baik (B) dengan persentase 94,4%, dan penilaian kemampuan berfikir kreatif siswa dalam dalam kategori baik (B) yaitu 89,8% . Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan Metode Role Playing berbasis 3Dimensi dapat meningkatkan kemampuan berfikir kreativ siswa pada pembelajaran PKn kelas V di SD IT AL-AKHYAR KOTA MAKASSAR Kata Kunci: : Role Playing, kemampuan berfikir kreativ, PKn

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Sep 2023 07:53
Last Modified: 13 Sep 2023 07:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34079

Actions (login required)

View Item View Item