PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA KELAS V SDN 03 MAROS KECAMATAN TURIKALE KABUPATEN MAROS

NUR SAKINAH (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA KELAS V SDN 03 MAROS KECAMATAN TURIKALE KABUPATEN MAROS.

[img] Text
ARTIKEL NURSAKINAH.pdf

Download (584kB)

Abstract

Penerapan Model Pembelajaran Role Playing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas V Sdn 03 Maros Kecamatan Turikale Kabupaten Maros. Penelitian ini adalah penelitian tindak kelas untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar keterampilan berbicara kelas V SD Negeri 03 Maros melalui model Role Playing. Pelaksanaan tindakan kelas dilakukan selama 2 siklus. Masing�masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, obesevasi, dan refleksi. Sedangkan untuk mengetahui untuk mengetahui tingkat presentase keberhasilan siswa penelitian menggunakan lembar observasi dan tes hasil tiap siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 03 Maros tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 26 orang siswa. Analisis data selama dan sesudah pengumpulan data. Teknik analisis daya yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif. Dari hasil tes akhir siklus I yang diberikan menunjukkan bahwa dari 26 siswa pada tes belajar nilai rata-rata siswa adalah 69. Siswa yang tuntas dalam proses pembelajaran adalah 17 siswa dan tidak tuntas 9 siswa. Kemudian, pada hasil tes evaluasi siklus II terdapat 22 orang siswa mencapai SKBM. Jika dirata-ratakan maka hasil yang diperoleh dari kalkulasi nilai rata-rata keberhasilan presentasi maka ketuntasan hasil belajar berada pada kategori baik. Berdasarkan data yang diperoleh bahwa ketuntasan belajar siswa sampai akhir pertemuan sudah mencapai harapan yang diinginkan. Diperoleh nilai rata-rata belajar. Kata Kunci: Model Role Planying, Keterampilan Berbicara, Hasil Belajar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Sep 2023 07:48
Last Modified: 13 Sep 2023 07:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34078

Actions (login required)

View Item View Item