Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN No.141 Pa’rappunganta II Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar

Muh.Ikram Husain (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN No.141 Pa’rappunganta II Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar.

[img] Text
ARTIKEL MUH.IKRAM HUSAIN 1747042083 PGSD FIP UNM.pdf

Download (781kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan, anatara lain: (1) Mengetahui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) pada mata pelajaran matematika siswa kelas IV SDN No 141 Inpres Pa’rappunganta II Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar. (2) Mengetahui gambaran hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN No 141 Inpres Pa’rappunganta II Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar. (3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN No 141 Inpres Pa’rappunganta II Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar. Variabel belas dalam penelitian ini adalah penerapan model kooperatif tipe Team Accelerated Instruction, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar Matematika. Populasi penelitian seluruh siswa kelas IV SDN No 141 Inpres Pa’rappunganta II Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar, sedangkan sampelnya adalah kelas IV sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Data hasil penelitian ini diperoleh dengan memberikan pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif dan analisis data inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistic inferensial diperoleh 0,049 < 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penerapan pendekatan model kooperatif tipe Team Accelerated Instruction terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV SDN No 141 Inpres Pa’rappunganta II Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar. Kata Kunci: Model Kooperatif tipe Team Accelerated Instruction, hasil belajar, matematika

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Sep 2023 07:38
Last Modified: 13 Sep 2023 07:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34076

Actions (login required)

View Item View Item