PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAM KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBASIS GAMIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VSD INPRES KATANGKA KECAMATAN BONTONOMPO KABUPATEN GOWA

MUH. NUR (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAM KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBASIS GAMIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VSD INPRES KATANGKA KECAMATAN BONTONOMPO KABUPATEN GOWA.

[img] Text
Muh. Nur_1847041057_Artikel.pdf

Download (278kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas dengan tujuan untuk mendeskripsikan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Gamifikasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Inpres Katangka Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. Fokus dari penelitian ini adalah Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbasis gamifikasi. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas V SD Inpres Katangka Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa yang berjumlah 20 orang pada semester genaptahun pelajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data yangdigunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes evaluasi. Adapun hasil dari penelitian yang dicapai pada Siklus I aktivitas mengajar guru berada pada kategori cukup dan pada siklus keduamengalami peningkatan menjadi kategori baik.Sejalan dengan haltersebut, dalam aktivitas mengajar guru pun indicator yang tercapai terus mengalami peningkatan untuk setiap pertemuannya dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian yangtelah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbasi gamifikasi untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Inpres Katangka Kecamatan Bontompo Kabupaten Gowa telah berhasil.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Sep 2023 07:34
Last Modified: 13 Sep 2023 07:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34075

Actions (login required)

View Item View Item