ANDINI CHAERUNNISA (2023) Hubungan Lingkungan Sosial dengan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia pada Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Luwu Utara.
Text
ARTIKEL_ANDINI CHAERUNNISA.pdf Download (445kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui 1) gambaran lingkungan sosial, 2) hasil penguasaan kosakata bahasa Indonesia; 3) mengetahui hubungan antara lingkungan sosial dengan penguasaan kosakata bahasa Indonesia siswa kelas III UPT SD Negeri 211 Bone-Bone Kecamatan Bone-Bone Kabupaten Luwu Utara. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian koresional. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah lingkungan sosial, sedangkan variabel terikatnya adalah penguasaan kosakata bahasa Indonesia siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III UPT SD Negeri 211 Bone-Bone Kecamatan Bone-Bone Kabupaten Luwu Utara. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah berjumlah 23 siswa dan menggunakan desain penelitian kausal. Data hasil dalam penelitian diperoleh dari pembagian angket lingkungan sosial dan hasil dari tes penguasaan kosakata bahasa Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan statistik dengan statistik inferensial dilakukan dengan uji normalitas dan uji product momen. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat diketahui bahwa hubungan antara lingkungan sosial dengan penguasaan kosakata bahasa Indonesia adalah 0,031 yang lebih dari 0,05. Dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara lingkungan sosial dengan penguasaan kosakata bahasa Indonesia. Kata Kunci: Lingkungan Sosial, Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 13 Sep 2023 07:28 |
Last Modified: | 13 Sep 2023 07:28 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34074 |
Actions (login required)
View Item |