PENGARUH PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD

ANDI RAHMATIA (2023) PENGARUH PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD.

[img] Text
Jurnal Andi Rahmatia.pdf

Download (191kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan Model ProjectBased Learning (PjBL) pada pembelajaran IPA. Untuk menggambarkanhasil belajar siswa pada pembelajaran IPA yang menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) dan untuk mengetahui pengaruh penggunaanModel Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar IPA dikelas V SD Negeri 103 Bontompare Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Eksperimen dan desain penelitian Quasi Eksperimental Design. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri No. 103 Bontompare. Sampel yang terpilih dalam penelitian ini berdasarkan teknik Purposive Sampling yaitu siswa kelas V SD Negeri No. 103 Bontompare Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik análisis data yang digunakan yaitu análisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan independent sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini yakni proses pembelajaran dengan menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) secara efektif. Selain itu, hasil belajar siswa pada kelas eksperimen meningkat setelah diberi perlakuan menggunakan model Project Based Learning (PjBL) dibanding dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) dalam proses pembelajaran. Sehingga dapat dikatakan bahwa penggunaan Model Project Based Learning (PjBL) memberikan pengaruh terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri No. 103 Bontompare Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Sep 2023 07:09
Last Modified: 13 Sep 2023 07:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34072

Actions (login required)

View Item View Item