PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA STRIP STORY TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA CEPAT PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD INPRES TETEBATU 1 KEL. MANGALLI KEC. PALLANGGA KAB. GOWA

NURUL ISTIQAMAH (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA STRIP STORY TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA CEPAT PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD INPRES TETEBATU 1 KEL. MANGALLI KEC. PALLANGGA KAB. GOWA.

[img] Text
Artikel Nurul Istiqamah.doc

Download (182kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan membaca siswa pada mata pelajaran. Rumusan Masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimanakah Gambaran Penggunaan media Strip Story terhadap keterampilan Membaca Cepat di Kelas IV SD Inpres Tetebatu 1 Kel. Mangalli Kec. Pallangga Kabupaten Gowa. Penelitian ini bertujuan untuk Menggambarkan keterampilan Membaca Cepat sebelum dan setelah Penggunaan Media Strip Story pada pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV dan Apakah ada Pengaruh Penggunaan media Strip Story terhadap katerampilan membaca cepat pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Inpres Tetebatu 1 Kel. Mangalli Kec. Pallangga. Kabupaten Gowa. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan media Strip Story terhadap keterampilan membaca cepat. Untuk menggambarkan hasil keterampilan membaca cepat sebelum dan setelah penggunaan media Strip Story dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Strip Story terhadap keterampilan membaca cepat pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Inpres Tetebatu 1 Kel. Mangalli Kec. Pallangga Kabupaten Gowa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Kuantitatif dengan jenis penelitan Eksperimen dan Desain penelitian Quasi Experimen Desain adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres Tetebatu 1. Sampel yang terpilih dalam penelitian ini teknik Purposive Sampling yaitu siswa kelas IV SD Inpres Tetebatu 1 Kel. Mangalli Kec. Pallangga Kabupaten Gowa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik Inferensial yang terdiri dari Uji Normlitas, uji Homogenitas, dan Uji Hipotesis menggunakan Independent sample t- test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh keterampilan membaca cepat antara kelas Eksperimen dan kelas Kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini yakni proses pembelajaran dengan menggunakan media Strip Story berlangsung secara efektif. Selain itu, Keterampilan membaca cepat siswa pada kelas kelas eksperimen meningkat setelah diberi perlakuan menggunakan media Strip Story dibanding dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan media Strip Story dalam proses pembelajaran. Sehingga dapat dikatakan bahwa penggunaan media Strip Story memberikan pengaruh terhadap keterampilan membaca cepat pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Inpres Tetebatu 1 Kel. Mangalli Kec. Pallangga Kabupaten Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Sep 2023 07:02
Last Modified: 13 Sep 2023 07:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34071

Actions (login required)

View Item View Item