PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA TANGRAM TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP BANGUN DATAR SISWA KELAS IV SD INPRES BORONGKALUKU KABUPATEN GOWA

MUHAMMAD SANUL (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA TANGRAM TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP BANGUN DATAR SISWA KELAS IV SD INPRES BORONGKALUKU KABUPATEN GOWA.

[img] Text
ARTIKEL MUHAMMAD SANUL.pdf

Download (393kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui (1) Gambaran penggunaan media pembelajaran tangram siswa kelas IV SD Inpres Borongkaluku Kabupaten Gowa, (2) Gambaran pemahaman konsep bangun datar siswa dengan menggunakan media pembelajaran tangram di kelas IV SD Inpres Borongkaluku Kabupaten Gowa, (3) Pengaruh penggunaan media pembelajaran tangram terhadap pemahaman konsep bangun datar siswa kelas IV SD Inpres Borongkaluku Kabupaten Gowa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran tangram, sedangkan variabel terikatnya adalah pemahaman konsep bangun datar. Pemilihan sampel yang dilakukan yaitu menggunakan teknik perposive sampling dengan hasil kelas IV B sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV A sebagai kelompok kontrol, masing-masing terdiri dari 29 jumlah siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Data dikumpulkan dari pemberian tes pada ranah kognitif kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji Independent sample T�Test. Hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: (1) Gambaran penggunaan media pembelajaran tangram terlihat berdasarkan lembar observasi, dari tahapan-tahapan pembelajaran yang diamati pada setiap pertemuan proses pembelajaran terlihat meningkat melalui kegiatan siswa maupun guru, (2) Gambaran pemahaman konsep bangun datar siswa dengan menggunakan media pembelajaran tangram, pada perolehan hasil pretest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol masuk dalam kategori kurang. Sedangkan, pada 39 perolehan hasil posttest kelompok eksperimen berada pada kategori sangat baik dan kelompok kontrol masuk dalam kategori baik, (3) Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh nilai probabilitas pada posttest kedua kelompok yaitu P= 0,000 lebih kecil dari α= 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran tangram memberikan pengaruh terhadap pemahaman konsep bangun datar siswa kelas IV SD Inpres Borongkaluku Kabupaten Gowa

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Sep 2023 06:50
Last Modified: 13 Sep 2023 06:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34070

Actions (login required)

View Item View Item