PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FILM ANIMASI TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA PENDEK BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD INPRES LIMBUNG KABUPATEN GOWA

RESKI INDARWATI (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FILM ANIMASI TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA PENDEK BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD INPRES LIMBUNG KABUPATEN GOWA.

[img] Text
Artike Reski Indarwati.pdf

Download (229kB)

Abstract

Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Film Animasi Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Inpres Limbung Kabupaten Gowa. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Penididikan . Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh St.Nursiah B.dan Bhakti Prima Findiga Hermuttaqien). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran keterampilan menyimak cerita pendek Bahasa Indonesia dan untuk mengetahui Pengaruh penggunaan media film animasi terhadap keterampilan menyimak cerita pendek Bahasa Indonesia siswa Kelas IV SD Inpres Limbung. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian Nonequivalent Control Grup Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dengan jumlah sampel 41siswa. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen (IVA) dan kelas kontrol (IVB). Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Data dikumpulkan dari pemberian pretest, treatment dan posttest kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji statistik parametrik yaitu uji independent sample t-Test dengan menggunakan sistem Kolmogrov�smirnov (SPSS) versi 26.0. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan keterampilan menyimak cerita pendek yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran film animasi dengan penerapan pembelajaran konvensional. Hasil 347 analisis uji independent sample t-Test nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan hasil Sig. (2- tailed) < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran film animasi terhadap keterampilan menyimak cerita pendek.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Sep 2023 06:08
Last Modified: 13 Sep 2023 06:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34065

Actions (login required)

View Item View Item