PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI NILAI-NILAI PANCASILA SEBAGAI MEDIA PENGUATAN KARAKTER SISWA KELAS II SD INPRES MAWANG KABUPATEN GOWA

RAHMAWATI AMIR (2023) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI NILAI-NILAI PANCASILA SEBAGAI MEDIA PENGUATAN KARAKTER SISWA KELAS II SD INPRES MAWANG KABUPATEN GOWA.

[img] Text
ARTIKEL RAHMAWATI AMIR.pdf

Download (817kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video animasi nilai-nilai Pancasila sebagai media penguatan karakter siswa kelas II SD Inpres Mawang Kabupaten Gowa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Pengembangan (R&D) menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Instrumen pada penelitian ini menggunakan angket yang ditujukan kepada ahli media dan ahli materi untuk menilai kevalidan produk, serta ditujukan kepada siswa dan guru untuk menilai kelayakan produk. Hasil validasi oleh ahli media terhadap video animasi memperoleh kriteria sangat valid. Hasil validasi oleh ahli materi terhadap video animasi memperoleh kriteria sangat valid. Hasil tanggapan/respon siswa memperoleh kriteria sangat layak. Sedangkan hasil tanggapan/respon guru memperoleh kriteria sangat layak. Dengan adanya hasil penelitian ini, dapat menjadi tambahan referensi untuk penelitian selanjutnya dan menjadi inovasi Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, ISSN Cetak : 2477-5673 ISSN Online : 2614-722X Volume XX Nomor XX, Bulan Tahun 2 dalam mengembangkan media pembelajaran terutama pada bangku Sekolah Dasar. Kata Kunci: video animasi, nilai-nilai Pancasila, karakter

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Sep 2023 05:55
Last Modified: 13 Sep 2023 05:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34063

Actions (login required)

View Item View Item