HUBUNGAN SUPERVISI AKADEMIK DENGAN KEMAMPUAN GURU DALAM PENILAIAN DI SMA KABUPATEN ENREKANG

Muhtar, Muhtar (2015) HUBUNGAN SUPERVISI AKADEMIK DENGAN KEMAMPUAN GURU DALAM PENILAIAN DI SMA KABUPATEN ENREKANG. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Artikel.docx

Download (283kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan dimaksudkan untuk mengetahui hubungan supervisi akademik pengawas sekolah dengan kemampuan guru dalam penilaian pada SMA di kabupaten Enrekang. Penelitian ini merupakan penelitian survey yang bersifat korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMA di Kabupaten Enrekang. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik Area Proportional Simple Random Sampling. Banyaknya anggota sampel 119 guru. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan tes kemampuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) supervisi akademik pengawas sekolah di Kabupaten Enrekang berada pada kategori tinggi, 2) kemampuan guru dalam penilaian di Kabupaten Enrekang berada pada kategoti sedang, 3) ada hubungan signifikan antara supervisi akademik pengawas sekolah dengan kemampuan guru dalam penilaian di Kabupaten Enrekang. Kata Kunci: Supervisi akademik, dengan kemampuan guru.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Penelitian dan evaluasi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Oct 2017 06:24
Last Modified: 27 Oct 2017 06:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3406

Actions (login required)

View Item View Item