PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPRETIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS V SD INPRES LIMBUNG KABUPATEN GOWA

INAYAH RAHMANIAH (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPRETIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS V SD INPRES LIMBUNG KABUPATEN GOWA.

[img] Text
Artikel Inayah Rahmaniah.pdf

Download (282kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penerapan model pembelajaran Coopertive Integrated Reading and Composition (CIRC) dan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Coopertive Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadapketerampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SD Inpres Limbung.. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengandesain penelitian Non- equivalent Control Grup Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dengan jumlah sampel 47 siswa. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen (VA) dan kelas kontrol (VB). Teknik pengambilan datapada penelitianini menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Data dikumpulkan dari pemberian pretest, treatment dan posttest kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji statistik parametrik yaitu uji independent sample t-Test dengan menggunakan sistem Statistical Pachage For Sosial Science (SPSS) versi 26.0. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara penerapan model pembelajaran Coopertive Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan penerapan pembelajaran konvensional. Hasil analisis uji independent sample t-Test nilai posttest kelas eksperimen dan 39kelas kontrol menunjukkan hasil Sig. (2-tailed) < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh penerapan terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SD Inpres Limbung Kabupaten Gowa. Key words:Model Pembelajaran Coopertive Integrated Reading and Composition (CIRC), Keterampilan Menulis Karangan Narasiartikel global teacher professioanl dengan akses terbuka dibawah lisensi CC

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Sep 2023 02:13
Last Modified: 13 Sep 2023 02:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34059

Actions (login required)

View Item View Item