Ummul Kalsum (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Artikulasi Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Menyimak Siswa Kelas IV di SDN 22 Kabupaten Maros.
Text
Published ARTIKEL _ Ummul Kalsum (1).pdf Download (744kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan atas dasar permasalahan yang ditemukan di SDN 22 Kabupaten Maros yaitu rendahnya keterampilan menyimak siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran penerapan model dan juga gambaran hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran pembelajaran Artikulasi dan kemudian menentukan apakah ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran Artikulasi terhadap hasil belajar keterampilan menyimak siswa kelas IV SDN 22 Kabupaten Maros. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Experimen dengan tipe One group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IVB SDN 22 Kabupaten Maros. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu 24 siswa kelas IVB yang dipilih dengan teknik Sampling Jenuh. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan dokumentasi, lembar observasi dan tes obyektif yang diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan pembelajaran. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisa statistik deskriptif dan analisa statistik inferensial yang terdiri atas uji normalitas, uji N-Gain dan pengujian hipotesis yaitu paired sample Test dengan menggunakan bantuan IBM SPSS 24.0. Kata Kunci: Model Pembelajaran Artikulasi, Hasil Belajar , dan Keterampilan Menyimak
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 13 Sep 2023 01:49 |
Last Modified: | 13 Sep 2023 01:49 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34057 |
Actions (login required)
View Item |