PENGARUH METODE STORY TELLING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SD KARTIKA XX-1 KOTA MAKASSAR

MAGFIRAH JUBAIR (2023) PENGARUH METODE STORY TELLING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SD KARTIKA XX-1 KOTA MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL MAGFIRAH JUBAIR.docx

Download (498kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar permasalahan yang ditemukan di SD Kartika XX-1 Kota Makassar yaitu rendahnya keterampilan berbicara siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui gambaran penerapan metode story telling, (2) untuk mengetahui gambaran keterampilan siswa, dan (3) untuk mengetahui pengaruh penerapan metode story telling, terhadap keterampilan berbicara siwa kelas V SD Kartika XX-1 Kota Makassar. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Experimen dengan tipe nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Kartika XX-1 Kota Makassar. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu 15 siswa kelas VA dan 17 siswa kelas VB yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan dokumentasi, observasi dan tes yang diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan pembelajaran. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa penerapan metode story telling pada pertemuan pertama berjalan efektif dengan persentase 75% dan pada pertemuan II berjalan sangat efektif dengan persentase 91,66%. Hasil analisis inferensial dengan menggunakan independent sample t-test menunjukkan terdapat perbedaan hasil posttest antara kelas eksperimen dan kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa adanya peningkatan keterampilan berbicara siswa pada kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa: (1) proses pembelajaran dengan menerapkan metode story telling berlangsung dengan sangat efektif, (2) hasil tes siswa menunjukkan adanya peningkatan keterampilan siswa dalam pembelajaran, (3) terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan metode story telling terhadap keterampilan berbicara siswa .kelas V SD Kartika XX-1 Kota Makassar Kata Kunci: Metode Story Telling, Keterampilan Berbicara

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Sep 2023 01:30
Last Modified: 13 Sep 2023 01:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34054

Actions (login required)

View Item View Item