Pengaruh Penerapan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD

ANDI RAHMAWATI (2023) Pengaruh Penerapan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD.

[img] Text
Artikel Andi Rahmawati.pdf

Download (221kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penerapan model Problem Based Learning (PBL) terhadap pembelajaran IPA kelasIV SD Negeri No. 103 Bontompare Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai. Untuk mengetahui gambaran hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) di kelas IV SD Negeri No. 103 Bontompare Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai dan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) pada hasil belajar IPA di kelas IV SD Negeri No. 103 Bontompare Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Eksperimen dan desain penelitian Quasi Eksperiment Design. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri No. 103 Bontompare Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai. Sampel yang terpilih dalam penelitian ini berdasarkan Teknik purposive sampling yaitu siswa kelas IV SD Negeri No. 103 Bontompare Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu anlisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan independent sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini yakni proses pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berlangsung secara efektif. Selain itu, hasil belajar siswa pada kelas eksperimen meningkat setelah diberi perlakuan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dalam proses pembelajaran. Sehingga dapat dikatakan bahwa penggunaan model Problem Based Learning (PBL) memberikan pengaruh terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri No.103 Bontompare Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Sep 2023 01:25
Last Modified: 13 Sep 2023 01:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34053

Actions (login required)

View Item View Item