Pengembangan Media Video Pembelajaran pada Mata Pelajaran Sejarah kelas VIII SMP Negeri 4 Makassar

DIRGANTARA (2023) Pengembangan Media Video Pembelajaran pada Mata Pelajaran Sejarah kelas VIII SMP Negeri 4 Makassar.

[img] Text
JURNAL DIRGANTARA.pdf

Download (305kB)

Abstract

DIRGANTARA, 2022, Pengembangan Media Video Pembelajaran pada Mata Pelajaran Sejarah kelas VIII SMP Negeri 4 Makassar. Skripsi. Prodi Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Skripsi ini dibimbing oleh ibu Dr. Pattaufi, S.Pd, M.Si. dan Dr. Nurhikmah H, S.Pd., M.Si. Penelitian ini adalah penelitian Kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kebutuhan, kepraktisan dan tingkat validitas pengembangan media video pembelajaran pada Mata Pelajaran Sejarah kelas VIII SMP Negeri 4 Makassar. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan yaitu research and development (R&D) adalah suatu proses atau langkah-langkah untuk mengembangkan suatu produk baru atau meyempurnakan produk yang telah ada, yang dapat dipertanggung jawabkan. Model ini cocok digunakan untuk mengembangkan media video pembelajaran sebab model ini memiliki langkah�langkah yang terperinci. Adapun tahapan-tahapan dalam pengembangan ini meliputi: tahapan analisis (Analysis), desain (design), dan pengembangan (Development). Subjek dalam penelitian ini adalah 30 orang siswa kelas VIII, dua orang validator yang terdiri dari ahli media dan ahli isi atau materi pelajaran sejarah. Adapun teknik pengumpulan data yaitu: dokumentasi, observasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Deskriptif Kualitatif, dan Analisis Statistik Deskriptif. Hasil penelitian ini:1) tingkat kebutuhan media video pembelajaran dalam Mata Sejarah pada kategori sangat tinggi, 2) berdasarkan analisis hasil validasi oleh ahli konten dan ahli media diperoleh data bahwa medua video pembelajaran pada kategori valid untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran pada Mata Pelajaran sejarah. 3) Hasil dari uji coba kelompok kecil, hasil uji coba kelompok besar, dan tanggapan guru mata pelajaran sejarah, diperoleh data bahwa media video pembelajajaran yang dikembangkan pada kategori praktis digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran Sejarah

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Sep 2023 07:04
Last Modified: 12 Sep 2023 07:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34051

Actions (login required)

View Item View Item