Pengaruh Bermain Peran berbasis Reggio emilia Approach terhadap kemampuan berbahasa Ekspresif pada Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Ujung

Rini Febriani (2023) Pengaruh Bermain Peran berbasis Reggio emilia Approach terhadap kemampuan berbahasa Ekspresif pada Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Ujung.

[img] Text
ARTIKEL RINI FEBRIANI.pdf

Download (757kB)

Abstract

Rini Febriani, 2023. Pengaruh Bermain Peran berbasis Reggio emilia Approach terhadap kemampuan berbahasa Ekspresif pada Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Ujung. Skripsi. Jurusan Pendidikan guru pendidikan Anak usia dini. Fakultas Ilmu pendidikan. Universitas negeri Makassar (dibimbing Oleh Azizah Amal dan Muhammad Akil Musi). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Bermain Peran berbasis Reggio emilia Approach terhadap kemampuan berbahasa Ekspresif pada Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Ujung. Berdasarkan pengamatan kenyataan dilapangan terhadap permasalahan yaitu kemampuan Berbahasa Ekspresif pada anak masih sangat kurang. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental design atau eksperimen semu dengan desain penelitian yaitu Nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Ujung. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 10 orang Anak, 5 Anak sebagai kelompok Eksperimen dan 5 Anak sebagai kelompok Kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statisik Deskriptif dan analisis statistik Non Parametik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbahasa Ekspresif anak dengan metode bermain Peran Anak pada kelompok Eksperimen lebih Baik dari kelompok Kontrol. Kegiatan bermain Peran memberi pengaruh pada kemampuan Berbahasa Ekpresif pada Anak usia 5-6 Tahun di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Ujung.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Sep 2023 06:42
Last Modified: 12 Sep 2023 06:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34047

Actions (login required)

View Item View Item