PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SDN 159 INPRES TEKOLABBUKA KABUPATEN MAROS

NUR ALIAH AGUS (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SDN 159 INPRES TEKOLABBUKA KABUPATEN MAROS.

[img] Text
Jurnal Global Basic Education Nur Aliah Agus 1847040025.pdf

Download (723kB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SDN 159 Inpres Tekolabbua Kabupaten Maros. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindak Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, tes,dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif.Berdasarkan hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I dikategorikan cukup dan pada siklus II dikategorikan baik.Hasil penelitian observasi siswa pada siklus I dikategorikan cukup dan meningkat pada hasil penilaian observasi siklus II menjadi kategori baik .Berdasarkan hal tersebut,nilai tes dari siklus I berada dalam kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Kesimpulan hasil penelitian dan pembahasan ini bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SDN 159 Inpres Tekolabbua Kabupaten Maros.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Sep 2023 06:15
Last Modified: 12 Sep 2023 06:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34043

Actions (login required)

View Item View Item