SARTIKA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA DI KELAS IV UPT SD NEGERI 6 TURATEA KECAMATAN TURATEA KABUPATEN JENEPONTO.
Text
Jurnal FIX TIKA.pdf Download (938kB) |
Abstract
Jenis pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis Penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 12 orang siswa kelas IV UPT SD Negeri 6 Turatea Kecamatan Turatea Kabupaten Jeneponto. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dua pertemuan setiap siklus. Tahap-tahap mengikuti prosedur Penelitian Tindakan Kelas yaitu: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observation dan evaluasi, (4) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I pertemuan I dan II menunjukan bahwa hasil observasi aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa berada pada kategori cukup (C) dan persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I yaitu 58,34% dengan kategori kurang (K), sehingga ketuntasan hasil belajar siswa pada muatan pembrlajaran IPS belum tuntas secara klasikal 80%. Sedangkan hasil penelitian pada siklus II pertemuan I dan II menunjukkan peningkatan pada hasil observasi aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa dengan kategori baik (B), dan persentase ketuntasan jasil belajar siswa secara klasikal meningkat sebesar 91,67% dengan kategori Baik(B), dengan demikian ketuntasan hasil belajar siswa pada muatan pembelajaran IPS sudah tuntas secara klasikal 80%. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas IV UPT SD Negeri 6 Turatea Kecamatan Turatea dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Kata Kunci: model pembelajaran, kooperatif tipe STAD, hasil balajar IPS.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 12 Sep 2023 06:10 |
Last Modified: | 12 Sep 2023 06:10 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34042 |
Actions (login required)
View Item |