PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA DI KELAS IV UPT SD NEGERI 6 TURATEA KECAMATAN TURATEA KABUPATEN JENEPONTO

SARTIKA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA DI KELAS IV UPT SD NEGERI 6 TURATEA KECAMATAN TURATEA KABUPATEN JENEPONTO.

[img] Text
Jurnal FIX TIKA.pdf

Download (938kB)

Abstract

Jenis pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis Penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 12 orang siswa kelas IV UPT SD Negeri 6 Turatea Kecamatan Turatea Kabupaten Jeneponto. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dua pertemuan setiap siklus. Tahap-tahap mengikuti prosedur Penelitian Tindakan Kelas yaitu: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observation dan evaluasi, (4) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I pertemuan I dan II menunjukan bahwa hasil observasi aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa berada pada kategori cukup (C) dan persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I yaitu 58,34% dengan kategori kurang (K), sehingga ketuntasan hasil belajar siswa pada muatan pembrlajaran IPS belum tuntas secara klasikal 80%. Sedangkan hasil penelitian pada siklus II pertemuan I dan II menunjukkan peningkatan pada hasil observasi aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa dengan kategori baik (B), dan persentase ketuntasan jasil belajar siswa secara klasikal meningkat sebesar 91,67% dengan kategori Baik(B), dengan demikian ketuntasan hasil belajar siswa pada muatan pembelajaran IPS sudah tuntas secara klasikal 80%. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas IV UPT SD Negeri 6 Turatea Kecamatan Turatea dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Kata Kunci: model pembelajaran, kooperatif tipe STAD, hasil balajar IPS.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Sep 2023 06:10
Last Modified: 12 Sep 2023 06:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34042

Actions (login required)

View Item View Item