Pengaruh Model Pembelajaran Predict, Observer, Explain Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SDI Japing Kecamatan Pattalassang Kabupaten Gowa

Mutmainna (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Predict, Observer, Explain Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SDI Japing Kecamatan Pattalassang Kabupaten Gowa.

[img] Text
Artikel_Mutmainna_1847042102_NSJ.pdf

Download (561kB)

Abstract

Penelitian Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDI Japing Kecamatan Pattalassang Kabupaten Gowa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) dan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPA. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDI Japing Kecamatan Pattalassang Kabupaten Gowa yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas A dan kelas B, sedangkan sampelnya adalah kelas IV A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 17 orang dan kelas IV B sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 17 orang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes, lembar observasi dan dokumentasi. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar IPA berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh nilai probabilitas lebih kecil dari α (alpha). Model pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) berada pada kategori baik. Begitupun dengan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) berada pada kategori baik dan lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar tanpa menggunakan model pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE). Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDI Japing Kecamatan Pattalassang Kabupaten Gowa. Kata Kunci: Model pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE), hasil belajar IPA.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Sep 2023 05:53
Last Modified: 12 Sep 2023 05:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34040

Actions (login required)

View Item View Item