PENGARUH PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR GEOMETRI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SDI JAPING KECAMATAN PATTALASSANG KABUPATEN GOWA

NURUL AULIA HASAN (2023) PENGARUH PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR GEOMETRI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SDI JAPING KECAMATAN PATTALASSANG KABUPATEN GOWA.

[img] Text
ARTIKEL (LOA) NURUL AULIA HASAN 1847042104.pdf

Download (861kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan, (1) untuk mengetahui penerapan pendekatan Etnomatematika di kelas IV SDI Japing Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa, (2) untuk mengetahui gambaran hasil belajar Geometri siswa kelas IV SDI Japing Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa, (3) untuk mengetahui pengaruh pendekatan Etnomatematika terhadap hasil belajar geometri pada mata pelajaran matematika kelas IV SDI Japing Kecamatan Pattallasang Kabupaten Gowa. Variabel bebas dalam penelitian adalah penerapan pendekatan Etnomatematika, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar Geometri pada mata pelajaran Matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDI Japing kecamatan Pattallasang Kabupaten Gowa sebanyak 2 kelas, sedangkan sampelnya adalah kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol dengan jumlah semua siswa 11 orang kelas IV A dan siswa kelas IV B 11 orang. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar pada materi geometri berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deksriptif dan analisis data inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh 0,000 < 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh pendekatan Etnomatematika terhadap hasil belajar geometri pada mata pelajaran Matematika kelas IV SDI Japing kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Sep 2023 03:35
Last Modified: 12 Sep 2023 03:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34038

Actions (login required)

View Item View Item