Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V SD Inpres Mangasa 1 Kota Makassar

MUTHIYAH SALSABILAH (2023) Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V SD Inpres Mangasa 1 Kota Makassar.

[img] Text
Artikel muthiyah salsabilah.pdf

Download (421kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa kelas V SD Inpres Mangasa 1 Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pembelajaran daring siswa kelas V SD Inpres Mangasa 1 Kota Makassar, untuk mengetahui gambaran minat belajar siswa siswa kelas V SD Inpres Mangasa 1 Kota Makassar, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa kelas V SD Inpres Mangasa 1 Kota Makassar. Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini yaitu expost facto. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Mangasa 1 Kota Makassar dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket (kuisioner) dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji prasyarat analisis yang terdiri uji normalitas dan uji linearitas dan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana dan koefisien determinasi (R Square). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa dan diperoleh R Square sebesar 17.3%. Kesimpulan dari penelitian ini yakni pembelajaran daring memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat belajar di kelas V SD Inpres Mangasa 1 Kota Makassar sebesar 17.3% dimana 82,7% hasil belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal seperti kecerdasaan, ketekunan, sikap, kebiasaan belajar, serta kondisi fisik dan kesehatan. Faktor eksternal yang berasal dari luar diri peserta didik yang memengaruhi hasil belajar yaitu keluarga, sekolah, dan masyarakat yang tidak dibahas dalam penelitian ini.. Kata Kunci: Minat Belajar, Pembelajaran Daring

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Sep 2023 03:29
Last Modified: 12 Sep 2023 03:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34036

Actions (login required)

View Item View Item