Penerapan Media Pop-up book terhadap Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD

MUSTAKIMA (2023) Penerapan Media Pop-up book terhadap Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD.

[img] Text
Artikel Mustakima.pdf

Download (273kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan siswa dalam berbicara. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk mengatahui adanya pengaruh penerapan media pop-up book dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN No.102 Inpres Bontokadatto. Focus pada penelitian ini yaitu penggunaan media pop-up book dan keterampilan berbicara. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV dan seluruh siswa kelas IV SDN No.102 Inpres Bontokadatto kabupaten Takalar denhan jumlah 32 siswa pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif dan kunatitratif, berdasarkan hasil analisi data diproleh hasil dari penelitian yang dicapai pada siklus I aktivitas mengajar guru dan aktivitas siswa masih berada pada kategori kurang dalam penerapan media pop-up book dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi kategori baik. Sejalan dengan hal tersebut, keterampilan berbicara siswa mengalami peningkatan. Berdasarkan pene;litian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan media pop-up book terhadap peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas IV telah berhasil. Kata Kunci: Media Pop-up book, Keterampilan Berbicara

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Sep 2023 03:20
Last Modified: 12 Sep 2023 03:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34034

Actions (login required)

View Item View Item