PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD INPRES ANTANG 1 KOTA MAKASSAR

SYARIFAH NUR AMALIA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD INPRES ANTANG 1 KOTA MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL - SYARIFAH NUR AMALIA - 1847042078.pdf

Download (256kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar siswa yang terlihat pada mata pelajatan PKn Kelas V SD Inpres Antang 1 Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Inpres Antang 1 Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Inpres Antang 1 Kota Makassar dengan jumlah siswa 33 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa. Kesimpulan penelitian ini yaitu aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa terjadi peningkatan, hasil belajar siswa pada siklus I masih berada pada kategori tidak tuntas sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa sudah meningkat berada pada kategori tuntas dan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam mata pelajaran PKn dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Antang 1 Kota Makassar. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar, PKn

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Sep 2023 02:07
Last Modified: 12 Sep 2023 02:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34027

Actions (login required)

View Item View Item