PENERAPAN METODE GAMES BASED LEARNING UNTUKMENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA SISWAKELAS IV SD TELKOM MAKASSAR

LESTARI (2023) PENERAPAN METODE GAMES BASED LEARNING UNTUKMENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA SISWAKELAS IV SD TELKOM MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal Lestari Metode GBL 4.pdf

Download (188kB)

Abstract

Lestari, 2022. Penerapan Metode Games Based Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV SD Telkom Makassar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar ICP Bilingual, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar dibimbing oleh Pembimbing I Khaerunnisa dan Pembimbing II Drs. Latri Aras. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan tujuan untuk mengetahui penerapan metode games based learning dan untuk meningkatkan minat belajar pada siswa kelas IV SD Telkom Makassar. Fokus dari penelitian ini yaitu penerapan metode games based learning untuk meningkatkan minat belajar siswa. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Telkom Makassar yang berjumlah 13 orang pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket, lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I aktivitas mengajar guru berada pada kategori baik dan pada siklus kedua mengalami peningkatan menjadi kategori sangat baik. Sejalan dengan hal tersebut, minat belajar siswa kelas IV juga mengalami peningkatan, pada siklus I berada pada kategori baik dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi sangat baik. Dari hasil dapat disimpulkan bahwa penerapan metode games based learning untuk meningkatkan minat belajar pada siswa kelas IV SD Telkom Makassar telah berhasil Kata Kunci: Metode, Games Based Learning, Siswa, dan Minat Belajar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Sep 2023 01:59
Last Modified: 12 Sep 2023 01:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34026

Actions (login required)

View Item View Item