Pengaruh Penerapan Mode Pembelajaran Make A Match Terhadap Keterampilan Bertanya Siswa Pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Sd Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar

NURBAETI DAENG SINAR (2023) Pengaruh Penerapan Mode Pembelajaran Make A Match Terhadap Keterampilan Bertanya Siswa Pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Sd Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

[img] Text
05 Artikel_Nurbaeti(1).pdf

Download (449kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perngaruh penerapan model pembelajaran Make a Match terhadap keterampilan bertanya siswa pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan model Make a Match sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan bertanya siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar sebanyak 2 kelas, sedangkan sampelnya adalah 15 siswa dari Kelas IV Dahlia sebagai kelompok eksperimen dan 15 siswa dari kelas IV Daisy sebagai kelompok kontrol. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan angket sebagaipretest danposttest. Teknik analisis data yaitu dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa penerapan modelMake a Match pada pertemuan pertama berjalan dengan efektif dengan persentase 62% dan pada pertemuan II berjalan dengan sangat efektif dan mencapai persentase 85%. Hasil analisis inferensial dengan menggunakan independent sample t-test menunjukkan terdapat perbedaan hasil posttest kelas eksperimen dan kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa adanya peningkatan keterampilan bertanya siswa pada kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol. Didukung dengan N-gain kelompok eksperimen lebih baik dengan skor gain 6,22 daripada kelompok kontrol yang memperoleh skor gain 2,17. Sehingga dapat disimpulkan bahwa: (1) proses pembelajaran dengan menerapkan modelMake a Match berlangsung dengan sangat efektif, (2) hasil tes siswa menunjukkan adanya peningkatan kemampuan bertanya siswa dalam pembelajaran, dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan modelMake a Match terhadap keterampilan bertanya siswa pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Kata kunci: ModelMake a Match, Keterampilan Bertanya, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Sep 2023 01:42
Last Modified: 12 Sep 2023 01:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34023

Actions (login required)

View Item View Item