PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SMART BOOK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SDN 249 MATTIROBULU

RUSTILAWATI (2023) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SMART BOOK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SDN 249 MATTIROBULU.

[img] Text
ARTIKEL RUSTILAWATI.pdf

Download (212kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Gambaran penggunaan media pembelajaran smart book terhadap siswa; (2) Gambaran kemampuan berpikir kritis mata pelajaran IPA siswa; (3) Pengaruh penggunaan media pembelajaran smart book terhadap kemampuan berpikir kritis IPA siswa kelas IV SDN 249 Mattirobulu. Penelitian dengan jenis penelitian quasi experimental design menggunakan populasi siswa kelas IV SDN 249 Mattirobulu dan sampel 35 siswa dengan teknik simple random sampling untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Data dikumpulkan dari pemberian pretest dan posttest kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji statistik parametrik. Hasil penelitian yang diperoleh (1) berdasarkan hasil observasi, penggunaan media pembelajaran smart book pada proses pembelajaran berada pada kategori baik; (2) Terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis IPA siswa dari kategori rendah menjadi kategori tinggi; (3) Terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran smart book terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran IPA.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Sep 2023 01:23
Last Modified: 12 Sep 2023 01:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34020

Actions (login required)

View Item View Item