Penerapan Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berdiskusi Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas V UPTD SD Negeri 64 Barru

Nur Aulia Alya (2023) Penerapan Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berdiskusi Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas V UPTD SD Negeri 64 Barru.

[img] Text
ARTIKEL .pdf

Download (561kB)

Abstract

Studi ini menelaah penerapan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berdiskusi Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas V UPTD SD Negeri 64 Barru. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan tindakan penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus diawali dengan kegiatan pra tindakan kemudian pada setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Untuk mengetahui tingkat persentase model pembelajaran VCT dan kemampuan berdiskusi siswa, peneliti menggunakan lembar observasi dan tes evaluasi pada setiap siklusnya. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V UPTD SD Negeri 64 Barru pada tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 22 orang siswa terdiri dari 10 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Analisis data dilakukan selama dan sesudah pengumpulan data Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan data yang diperoleh selama pelaksanaan siklus I dan siklus II bahwa diperoleh hasil penelitian pada siklus I hasil yakni pada observasi model pembelajaran VCT pada aktivitas guru berada pada kualifikasi cukup(C). Sedangkan observasi kemampuan berdiskusi siswa berada pada kualifikasi cukup (C) dan terjadi peningkatan pada siklus II yang berada pada kategori baik serta mencapai indikator yang telah ditetapkan dan Pada siklus II hasil penelitian model pembelajaran VCT siswa berada pada kualifikasi baik (B) Sedangkan observasi kemampuan berdiskusi siswa berada pada kualifikasi baik (B). Simpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) dapat meningkatkan kemampuan berdiskusi siswa pada mata pelajaran PKn kelas V UPTD SD Negeri 64 Barru. Kata Kunci: model pembelajaran, VCT, berdiskusi

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Sep 2023 07:13
Last Modified: 11 Sep 2023 07:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34016

Actions (login required)

View Item View Item