Pengaruh Metode Pomodoro Terhadap Penguasaan Konsep Matematika di Kelas IV SD Negeri 8 Paccelang Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan

Anggi Sulistianingsih (2023) Pengaruh Metode Pomodoro Terhadap Penguasaan Konsep Matematika di Kelas IV SD Negeri 8 Paccelang Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (986kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan (1) untuk mengetahui gambaran penyajian metode pomodoro di kelas IV (2) untuk mengetahui gambaran penguasaan konsep matematika siswa di kelas IV (3) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan metode pomodoro terhadap penguasaan konsep matematika siswa di kelas IV SD Negeri 8 Paccelang. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Negeri 8 Paccelang Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan dengan jumlah siswa 29 orang yang terdiri dari kelas IV A dan kelas IV B. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes tertulis dengan pemberian pre-test dan post-test. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil observasi keterlaksanaan metode pomodoro pada pertemuan I memperoleh nilai kategori cukup baik dan pada pertemuan II meningkat menjadi kategori sangat baik. Kemudian dari hasil uji independent sample T-test pre-test kelas eksperimen dan kelas kontrol memperoleh nilai Thitung < Ttabel (1,645 < 1,703). Sedangkan hasil uji independent sample T-test post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol memperoleh nilai Thitung > Ttabel (4,807 > 1,703) yang artinya memberikan pengaruh terhadap penguasaan konsep matematika siswa di kelas IV SD Negeri 8 Paccelang Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Kata Kunci: Pomodoro Method, Mastery of Concepts, Mathematics.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Sep 2023 07:09
Last Modified: 11 Sep 2023 07:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34015

Actions (login required)

View Item View Item