Pengaruh Pemberian Penguatan Verbal Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Tinggi di UPT SPF SD Negeri Butung 1 Kota Makassar

ARNANITA (2023) Pengaruh Pemberian Penguatan Verbal Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Tinggi di UPT SPF SD Negeri Butung 1 Kota Makassar.

[img] Text
ARTIKEL ARNANITA.doc

Download (227kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode ex-post facto yang bertujuan (1) untuk mengetahui gambaran pemberian penguatan verbal siswa kelas tinggi UPT SPF SD Negeri Butung 1 Kota Makassar (2) untuk mengetahui gambaran motivasi belajar siswa kelas tinggi UPT SPF SD Negeri Butung 1 Kota Makassar dan (3) untuk mengetahui pengaruh pemberian penguatan verbal terhadap motivasi belajar siswa kelas tinggi UPT SPF SD Negeri Butung 1 Kota Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pemberian penguatan verbal, sedangkan variabel terikatnya adalah motivasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas tinggi di UPT SPF SD Negeri Butung 1 Kota Makassar sebanyak 72 orang dan jumlah sampel sebanyak 61 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui angket dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu, analisis data deskriptif dan analisis data inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan pemberian penguatan verbal siswa kelas tinggi berada pada kategori sangat baik dengan persentase 35% dan motivasi belajar siswa kelas tinggi juga berada pada kategori sangat baik dengan persentase 35%. Hasil analisis inferensial dengan menggunakan bantuan program Statistical Product and Service Solutions (SPSS) versi 21 menunjukkan nilai probabilitas 0,035 < taraf signifikan 0,05 dan t hitung 2,153 > t tabel 2,000 sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pemberian penguatan verbal terhadap motivasi belajar siswa kelas tinggi di UPT SPF SD Negeri Butung 1 Kota Makassar. Kata Kunci: Pengaruh, Penguatan Verbal, Motivasi Belajar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Sep 2023 06:49
Last Modified: 11 Sep 2023 06:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34013

Actions (login required)

View Item View Item