PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA KELAS IV SD NEGERI PANAIKANG KABUPATEN GOWA

MILAN SRI ADHANI D. (2023) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA KELAS IV SD NEGERI PANAIKANG KABUPATEN GOWA.

[img] Text
Milan Sri Adhani_ Jurnal Global Teaching real.pdf

Download (671kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk mengetahui penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada siswa kelas IV SD Negeri Panaikang kabupaten Gowa. Fokus penelitian ini yaitu penerapan model Problem Based Learning (PBL) dan Keaktifan belajar siswa. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan selurus siswa kelas IV SD Negeri Panaikang kabupaten Gowa yang berjumlah 27 siswa pada semester genap tahun 2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I rata-rata keaktifan belajar siswa yaitu 58% pada kategori sedang sedangkan pada siklus II rata-rata keaktifan belajar siswa yaitu 81% pada kategori tinggi. Dari hasil dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan Keaktifan belajar siswa pada siswa kelas IV SD Negeri Panaikang kabupaten Gowa

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Sep 2023 06:33
Last Modified: 11 Sep 2023 06:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34012

Actions (login required)

View Item View Item