Pengaruh Penggunaan Media Animasi pada Pembelajaran IPS terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDI Malengkeri Bertingkat 1 Makassar

GITA ANGRAENI (2023) Pengaruh Penggunaan Media Animasi pada Pembelajaran IPS terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDI Malengkeri Bertingkat 1 Makassar.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (704kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan untuk melihat apakah terdapat pengaruh penggunaan media animasi pada pembelajaran IPS terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SDI Malengkeri Bertingkat 1 Makassar. Dengan tujuan (1) Untuk mengetahui penggunaan media animasi terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SDI Malengkeri Bertingkat 1 Makassar (2) Untuk mengetahui motivasi belajar siswa kelas IV SDI Malengkeri Bertingkat Makassar (3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SDI Malengkeri Bertingkat 1 Makassar. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 51 siswa kelas IV SDI Malengkeri Bertingkat 1 Makassar. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 27 siswa kelas eksperimen (IVA) dan 24 siswa kelas kontrol (IVB). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan desain Quasi Experimental Design, yang menggunakan rancangan Pretest�Posttest Nonequivalent Control Group Design. Teknik sampling dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling. Variabel bebas pada penelitian adalah penggunaan media animasi sedangkan variabel terikatnya adalah motivasi belajar siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar angket dan lembar observasi. Data dikumpulkan dengan pemberian pretest, treatment, dan posttest kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan sistem IBM Statistical Pachage For Social Science (SPSS) version 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Gambaran penggunaan media animasi pada saat kegiatan pembelajaran berjalan secara efektif dengan kategori sangat baik. (2) Gambaran motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen meningkat setelah diberikan perlakuan menggunakan media animasi dengan kategori baik dibandingkan kelas kontrol yang tidak menggunakan media animasi pada proses pembelajaran dengan kategori cukup. Sehingga dapat dikatakan bahwa (3) Penggunaan media animasi memberikan pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SDI Malengkeri Bertingkat 1 Makassar. Kata Kunci: Media Animasi Dan Motivasi Belajar Siswa

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Sep 2023 03:44
Last Modified: 11 Sep 2023 03:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34011

Actions (login required)

View Item View Item