PROFIL KREATIVITAS DALAM MENYELESAIKAN PERHITUNGAN BILANGAN BULAT DIKAITKAN DENGAN KEMAMPUAN NUMBER SENSE SISWA SD

Dewi Chairani, Citra (2016) PROFIL KREATIVITAS DALAM MENYELESAIKAN PERHITUNGAN BILANGAN BULAT DIKAITKAN DENGAN KEMAMPUAN NUMBER SENSE SISWA SD. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
artikel mentah.docx

Download (33kB)

Abstract

ABSTRAK Number sense adalah kemampuan dalam memahami tentang bilangan, perhitungan, dampak operasi bilangan yang dapat dimanfaatkan dalam menyelesaiakan masalah matematika dengan fasih dan fleksible.Siswa dengan pemahaman yang baik tentang bilangan akan memanfaatkan pemahamannya dalam berkreativitas memecahkan masalah bilangan bulat dengan caranya sendiri. Oleh karena itu, perlu dilakukan tinjauan mengenai sejauh mana siswa dapat menggunakan kemampuan number sensenya dalam berkreativitas menyelesaian masalah. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian kualitatif ini untuk mengetahui profil kreativitas siswa dikaitkan dengan kemampuan number sense: (1) tinggi (NST), (2) rendah (NSR), dan (3) perbedaannya dalam menyelesaikanperhitungan bilangan dulat. Penelitian ini dikategorikan studi eksploratif dengan pendekatan kualitatif, dimana peneliti sendiri sebagai instrumen utama. Teknik pengumpulan data melalui pemberian tes pemecahan masalah operasi bilangan bulat (TPMOBB) dan wawancara tidak terstruktur. Subjek terdiri dari empat siswa, dua NST dan dua NSR. Pemilihan subjek berdasarkan pengkategorian dari hasil tes kemampuan number sense. Hasil penelitian menunjukkan; (1) NST memenuhi indikator kreativitas; (a) kefasihan; menemukan lebih dari 1 bilangan benar dalam batasan waktu 10 menit, lancar dalam mengoperasikan bilangan sehingga memanfaatkan waktu dalam menemukan banyak bilangan, (b) fleksibelitas; menggunakan lebih dari 1 cara untuk menemukan jawaban, memperhatikan dampak operasi bilangan sehingga dengan mudah menemukan cara baru (c) kebaruan; menemukan cara baru untuk menemukan bilangan yang sesuai, mengkombinasikan informasi untuk menemukan cara baru (2) NSR memenuhi indikator kreativitas namun keliru dalam mengoperasikan bilangan: (a) kefasihan; menemukan lebih dari 1 bilangan namun tidak sesuai algoritma perhitungan, (b) fleksibelitas; menemukan jawaban dengan menebak bilangan kemudian mengoperasikannya meskipun tidak mempertimbangan tanda kurung pada formula (c) kebaruan; menemukan cara baru untuk menemukan bilangan yang sesuai, mengkombinasikan informasi untuk menemukan cara baru meskipun banyak. Katakunci: Kreativitas, perhitungan bilangan bulat, number sense. ABSTRACT CHAIRANI, CITRA DEWI, Creativity Profile in Solving the Calculation of Integer Number Associated with Number Sense Ability of Elementary Students. (Supervised by Tahmir, Suradi and Djadir) Number sense is an ability in understanding number which can be utilized in solving math problem fluently and flexibly. The students with good number comprehension will use creatively to solve integer number problem with his/her own way. Therefore, it is necessary to review how far the students can use his number sense ability to solving problem. In accordance with background stated, this qualitative research was to find out the students’ creativity profile associated with the number sense ability of; (1) High (HNS), (2) Low (LNS), and (3) the difference between these abilities (high and low) in solving the calculation of integer number. This research was categorized as an explorative study through qualitative approach, where the researcher was the main instrument. The data collecting technique was applied through the integer number operation problem solving testing (INOPST) and unstructured interview. The subject was 4 students; 2 NST and and 2 NSR, selected based on their number sense abilities. The results of this research indicate that; (1) HST performs the creativity indicators; (a) fluency; discovering more than one correct answer in 10 minutes given, being able to operate the integer numbers fluently so the subject can use the time given to find more varied answers. (b) flexibility; performing more than one way to find out the answer, observing the impact of integer number operation thus it is easy to find new possible way. (c) Newness; inventing new way to find the suitable number, combining the information to find new way. (2) LNS performs the creativity indicator yet is still quite confused in operating the integer number: (a) fluency; discovering more than one number, but it is not suitable with the computation algorithm. (b) ) flexibility; discovering the answers by guessing the number then operating it even without considering the parentheses of the formula (c) Newness; Inventing new way to find the suitable number, combining the information to invent many new ways. Keyword: Creativity, Integer number calculation, number sense

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Oct 2017 02:37
Last Modified: 14 Mar 2018 05:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3401

Actions (login required)

View Item View Item