MEGAWATI IDRIS (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 050 Inpres Pappang.
Text
Artikel Megawati Idris.pdf Download (959kB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN 050 Inpres Pappang Kecamatan Campalagian Kabupaten Polewali Mandar. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Teknik dan prosedur pengumpulan data yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV sebanyak 25 orang yang terdiri dari 14 laki-laki dan 11 perempuan. Dalam penelitian ini, peneliti bertindak sebagai observer dan guru sebagai pelaksana tindakan. Teknik analisis data adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pada mata pelajaran IPS dengan pencapaian ketuntasan hasil belajar siklus I berada pada kategori kurang sedangkan pencapaian ketuntasan hasil belajar siklus II berapa pada kategori baik sekali. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN 050 Inpres Pappang Kecamatan Campalagian Kabupaten Polewali Mandar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 11 Sep 2023 03:25 |
Last Modified: | 11 Sep 2023 03:25 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34007 |
Actions (login required)
View Item |